This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. Learn more

Ngadu pukulan satu kampung

x

Ayam Bangkok VS Ayam Kampung (Tes Pukulan)

Sebatas tes pukulan saja. Tidak Lebih!!
#ayambangkok #ayamkampung #aduayam
Shooting : 14 Juni 2019.

Silat Cimande, Salah Satu Aliran Pencak Silat Tertua di Indonesia

Tidak hanya dikenal akan tempat pijat atau tukang urut yang manjur, sebuah kampung di Bogor, Jawa Barat, yakni Cimande, juga berkumpul para ahli silat yang menjadikan nama Cimande kesohor bahkan hingga keluar negeri. Banyak padepokan silat berdiri di kampung ini. Meski kini ada beberapa yang berbeda aliran, namun mereka punya tujuan sama: Melestarikan Silat Cimande yang melegenda.
x

Adu Kemiri-Muncang Budaya Sunda Part2

Muncang adalah bahasa Sunda dari biji kemiri, jadi ngadu muncang adalah mengadu biji kemiri, tentunya mengadu kekuatan. Ngadu muncang adalah permainan tradisional di daerah Sunda dan sekitarnya.

Sumedang memiliki kisah sejarah tersendiri berkaitan dengan adu muncang ini, di mana pada masa kerajaan dulu ngadu muncang adalah salah satu ajang untuk unjuk kesaktian. Pada suatu ketika, senapati Sumedang beradu kekuatan dengan senapati Mataram dalam ngadu muncang. Senapati Sumedang memenangkan pertandingan dan memperoleh hadiah berupa seperangkat gamelan yang kini disimpan di Museum Prabu Geusan Ulun. Gamelan tersebut bernama Gamelan Sari Oneng Mataram, sekarang gamelan tersebut menjadi gamelan bersejarah dan menjadi salah satu perangkat gamelan tertua di Indonesia.

Pada praktiknya, ngadu muncang dilakukan dengan cara menyusun dua buah muncang milik dua pemain secara vertikal lalu di atasnya disimpan bambu yang kanan kirinya dipegang oleh dua orang sehingga posisi dua muncang terjepit. Muncang yang disusun untuk diadu diposisikan agar bagan yang terkuat saling berhadapan untuk diadu, setelah muncang terjepit dan posisinya tidak berubah bambu atau besi penjepitnya dipukul oleh benda keras. Muncang yang pecah ialah yang kalah.

#KrisnaEuy #AduMuncang #Trending

MENEGANGKAN!! Tarung Bebas Prajurit POLISI MILITER.!!

MMA (Mixed Martial Art)
Dari kepanjangannya sudah jelas bahwa MMA adalah salah satu cabang olah raga yang memperbolehkan peserta menggunakan berbagai jenis teknik serangan, mulai dari pukulan, tendangan, sikutan, bantingan dan kuncian. MMA juga mengunakan teknik berbagai seni beladiri karate, taekwondo, jujitsu, boxing, judo dan gulat. Sejarah awal olah raga ini tak terlepas dari peran UFC yang memulai sebuah kompetisi tarung bebas yang di besut pertama kali oleh Art Davie, Rorion Gracie dan John Millius pada tahun 1993 di Nevada USA. Dalam hal ini prajurit POLISI MILITER ANGKATAN LAUT Menunjukkan kebolehannya dalam Pertarungan bebas. WIJNA WIRA WIDHAYAKA!!!!
x

Adu Kemiri | Muncang Hadiah Unik

Muncang adalah bahasa Sunda dari biji kemiri, jadi ngadu muncang adalah mengadu biji kemiri, tentunya mengadu kekuatan. Ngadu muncang adalah permainan tradisional di daerah Sunda dan sekitarnya.

Sumedang memiliki kisah sejarah tersendiri berkaitan dengan budaya adu muncang ini, di mana pada masa kerajaan dulu ngadu muncang adalah salah satu ajang untuk unjuk kesaktian.

Pada suatu ketika, senapati Sumedang beradu kekuatan dengan senapati Mataram dalam ngadu muncang. Senapati Sumedang memenangkan pertandingan dan memperoleh hadiah berupa seperangkat gamelan yang kini disimpan di Museum Prabu Geusan Ulun. Gamelan tersebut bernama Gamelan Sari Oneng Mataram, sekarang gamelan tersebut menjadi gamelan bersejarah dan menjadi salah satu perangkat gamelan tertua di Indonesia.

Pada praktiknya, ngadu muncang dilakukan dengan cara menyusun dua buah muncang milik dua pemain secara vertikal lalu di atasnya disimpan bambu yang kanan kirinya dipegang oleh dua orang sehingga posisi dua muncang terjepit. Muncang yang disusun untuk diadu diposisikan agar bagan yang terkuat saling berhadapan untuk diadu, setelah muncang terjepit dan posisinya tidak berubah bambu atau besi penjepitnya dipukul oleh benda keras. Muncang yang pecah ialah yang kalah.

Kali ini adu kemiri yang dilakukan di Desa Pawenang Kec. Jatinunggal Kab. Sumedang Jawa Barat lebih unik karena hadiah yang diberikan panitia adalah se ekor domba.

#KrisnaEuy #AduMuncang #Trending

AKSI POLISI BLITAR AMANKAN PREMAN MABUK

KARENA PENGARUH MIRAS SANG PREMAN TANTANG PETUGAS YANG MENANGKAPNYA
SAKSIKAN MOMENTNYA......
x

TOP BGT Babeh Agi Coba Selamatkan Andini Yang Sakit - Fatih Di Kampung Jawara Eps 252 PART 1

TOP BGT Babeh Agi Coba Selamatkan Andini Yang Sakit - Fatih Di Kampung Jawara Eps 252 PART 1


=====================================================

Subscribe MNCTV Official Youtube Channel

Follow our social media
- Twitter
- Facebook
- Instagram

Check Our Official Website



=====================================================

KUMPULAN SMASH SANDI AKBAR FULL HD VOLI PUTARAN PERTAMA PROLIGA 2019

AMIN KURNIA SANDI AKBAR
FULL VOLI PUTARAN PERTAMA PROLIGA 2019
Luar Biasa Pemain ini. Di usia yang masih 20 Tahun sudah memiliki skil voli yang sangat baik. Terus berlatih dan berdoa kawan.

Kumpulan Spike Keras dari Sandy Akbar Amin Kurnia pada putaran pertama gelaran PROLIGA 2019 .
Sangat luar biasa salah satu pemain Jakarta Garuda ini. Memiliki umur yang baru 20 tahun namun memiliki skil voli yang sangat mumpuni. Terus semangat berlatih pantang menyerah, dibelakangmu selalu ada yang menantikan spike-spike terbaikmu.
.
Inilah cuplikan smash keras dari Sandy Akbar diputaran pertama proliga, silahkan klik link youtube di bio untuk lebih lengkapnya (15 menit FULL FAHRY). Kita nantikan smash-smash kerasny di putaran ke-2 proliga.
Ada Spike dari Fahry S, Dimas Saputra, dan Gunawan juga lo..

Sholatun Bissalamil Mubin ★ Hadrah Betawi

Musik tradisional Hadrah (Hadroh) berasal dari Kampung Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Tokoh legendaris Hadroh, Mudehir konon adalah tuna netra. Mudehir memiliki keterampilan memainkan Hadroh secara sempurna.

Variasi pukulannya sangat kaya. Bahkan dengan kakinya, suara rebana yang dipukul masih sempurna. Suaranya indah, daya hafalnya atas syair Hadroh sangat baik. Sepeninggal Mudehir pada tahun 1960, Hadroh seperti mati suri. Geliatnya perlahan nyaris tinggal kenangan. Beruntung dalam beberapa tahun terakhir ini, musik tradisional asal Betawi tersebut muncul lagi.

Beberapa tokoh Betawi dan elemen masyarakat mencoba menghidupkannya. Salah satunya adalah Habib Hasan Bin Jafar Assegaf. Melalui Majelis Taklim Nurul Musthofa, Habib Hasan membentuk Grup Hadroh bernama Nurul Musthofa.

Sumber:
===============

Hadroh, Rebana

Rebana yang lebih besar daripada Rebana Ketimpring. Disebut juga Rebana Gedug adapun pengucapan 'u' lebih dekat pada suara '0', sehingga menjadi 'gedok'. Garis tengah rebana ini sekitar 30 cm dan terdiri dari tigaatau empat buah rebana.

Cara memainkannya bukan dipukul biasa tapi dipukul seperti memainkan gendang. Rebana Hadroh terdiri dari tiga instrumen rebana. Pertama disebut bawa. Kedua disebut ganjil atau seling. Ketiga disebut gedug. Bawa berfungsi sebagai komando, irama pukulannya lebih cepat. Ganjil atau seling berfungsi saling mengisi dengan bawa. Gedug berfungsi sebagai bas.

Jenis pukulan Rebana Hadroh ada empat, yaitu: tepak, kentang, gedung, dan pentit. Keempat jenis pukulan itu dilengkapi dengan nama-nama irama pukulan. Nama irama pukulan, antara lain: irama pukulan jalan, sander, sabu, pegatan, sirih panjang, sirih pendek dan bima. Lagu-lagu Rebana Hadroh diambil dari syair Diiwan Hadroh dan syair Addibaai.

Yang khas dari pertunjukan Rebana Hadroh adalah Adu Zikir. Dalam Adu Zikir ini tampil dua group yang silih berganti membawakan syair Diiwan Hadroh. Group yang kalah umumnya group yang kurang hafal membawakan syair Diiwan Hadroh.

Pukulan dalam Rebana Hadroh terasa lebih melodius dibandingkan dengan pukulan rebana-rebana lainnya, jari tangan kiri sering pula digunakan untuk menekan, menengkep, bahkan menjentikkan kulit penutup (wangkis) dari sebelah dalam.

Mudehir yang wafat pada tahun 1960 menjadi tokoh legendaris kesenian Rebana Hadroh. Ia memiliki ketrampilan teknis yang sempurna. Variasi pukulannya sangat kaya. Bahkan dengan kakinya pun suara rebana masih sempurna. Suaranya indah dan daya hafalnya atas syair Diiwan Hadroh sangat baik.

Sumber:
=============

Lirik hadroh – Sholatun Bissalamil Mubin.

Sholatun bisalamil mubin…linugthotit ta’yii ni ya ghoroomii)6X

Nabiyyuna kaana ashlattak wiini….min ‘ahdi kun fayakuunu yaa ghoroomii(2X)

back to *(2X)

Ayaman ja’ana khakkon nadhiiri…mughiitsan musbilan subularoshaadi(2X)

back to *(2X)

Allah Ya Allah Ya Allah Ya Allah (4X)

Rosulullahiyaa dhowiil jabiini… wayaamanja’abil khakkil mubiin(2X)

back to *(2X)

Sholatulam tazal tutlaa ngalaika…kami’ thorin nasiim tuhdaa ilaika (2X)

back to * (2X)

Makna nya:

Shalawat serta salam ku persembahkan kepada mu wahai kekasih ku

Sebagai bukti keteguhan ku,wahai Nabi saw (kekasih ku)

Engkaulah sebenar-benarnya pemberi peringatan pada masa mu

Wahai kekasih ku, wahai Rasulullah SAW yang bercahaya wajahnya penunjuk jalan kebenaran

Tak lekang sholawat tercurah pada mu wahai pembawa kebenaran, laksana hembusan angin yang kencang.

HOTMAN INGIN MENGABDI UNTUK ORANG KECIL

SELEBRITA PAGI, 12 Februari 2018
-----------------------------------
SELEBRITA PAGI
TAYANG SETIAP HARI SENIN-JUMAT PUKUL 07.15
===================================
SUBSCRIBE Trans7 Official Youtube Channel:

===================================
WEBSITE -
TWITTER -
FACEBOOK -
INSTAGRAM -
x

Silat Daerah Muna Dalam Acara Pernikahan di Depan Zenith Hotel Kendari

Setiap suku di Indonesia memiliki keunikan tersendiri dalam seni dan budaya. Dengan begitu, secara sosial budaya bangsa Indonesia yang kita cintai ini begitu kaya. belum lagi dalam sisi bahasa, adat, hingga seni bela diri, Negeri kita sungguh kaya.

Dalam Video ini salah satu contoh silat daerah muna atau suku muna di Sulawesi Tenggara yang diadakan dalam acara pernikahan di Hotel Zenith Kendari.

Semoga Budaya seperti ini tetap lestari...Amiiin.

Muay thai tanjungpinang porprov IV Josua winner

Porprov IV muay thai yg di adakan di gedung Gubernur provinsi kepulauan riau.
Atlet-atlet yg berbakat tanjung pinang berhasil memenangi pertandingan tersebut.
Emas
1. Josua Togatorop 48 - 51 kg
2. Rini Haryanti 54 kg
3. Melly Ramadhanty 57 kg

Perak
1. Andreas Novid Suhandy 51 - 54 kg
2. Jeksen 54 - 57
3. Bryan Roy Manda 71 - 75 kg

Perunggu
1. Yosua Andreas Situmorang 63 - 65 kg
2. Abimanyu Maheza Putra 58 - 63 kg
Wtfc 2 emas lewat josua dan rini alhamdulillah
x

WOW DUA KALI PUKUL SAJA KAO

LIHAT PERMAINAN BAGAIMANA JAGONYA

Bang Jampang si Golok Terbang

Bang Jampang si Golok Terbang turut memeriahkan acara HBH Golok Tradisional Indonesia 2017, di Anjungan Jawa Barat, Taman Mini Indonesia Indah, tanggal 17 Agustus 2017.

Acara ini dihadiri juga oleh perguruan-perguruan silat se-Jabodetabek, komunitas-komunitas pecinta golok & pisau, dan masyarakat umum.

Seni Ketangkasan Domba | RAGAM INDONESIA (25/06/19)

RAGAM INDONESIA
Selasa, 25 Juni 2019
---------------
RAGAM INDONESIA
TAYANG SETIAP HARI SENIN-JUM'AT
PUKUL 07.00 - 07.30 WIB
=========================

#RagamIndonesia
x

Seni Silat Melayu

Ayam panus pacekan kandang saya..

Silat Cingkrik Serbaguna ~ Festival Pencak Silat Tradisional Betawi ke-VIII (2018)

Silat Cingkrik Serbaguna
~ Festival Pencak Silat Tradisional Betawi ke-VIII (2018).
~ Lokasi: Pelataran Monumen Nasional (Monas) - Jakarta Pusat.
~ Diselenggarakan oleh Yayasan Tunas Kelape bersama DISPORA.
~ Minggu, 22 Juli 2018.
==============

Silat Cingkrik adalah salah satu aliran silat (Betawi: maen pukulan) khas Betawi. Aliran ini awalnya berasal dari daerah Rawa Belong, yang kini termasuk wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Aliran ini diciptakan oleh Kong Maing (Ismail bin Muayad) sekitar tahun 1920-an. Silat Cingkrik kini telah tersebar ke berbagai tempat di Jakarta melalui berbagai perguruan yang dibuka oleh murid-muridnya selanjutnya.

Etimologi
Nama Cingkrik sendiri diambil dari kata bahasa Betawi jingkrak-jingkrik atau cingkrak-cingkrik, yang artinya lincah, yaitu menggambarkan gerakan lincah sang monyet.

Sejarah
Menurut keterangan sesepuh Silat Cingkrik, aliran ini diciptakan oleh Ki Maing sekitar tahun 1920-an. Ki Maing disebutkan sebelumnya pernah berguru silat di Kulon (wilayah barat, bisa jadi Meruya atau Banten), namun ia mendapat inspirasi untuk menciptakan aliran silatnya sendiri setelah memperhatikan gerak-gerik seekor monyet. Diceritakan bahwa ada monyet yang berupaya mengambil tongkat Ki Maing, yang menghindar saat diserang serta menyerang balik dengan cepat. Gerakan serangan yang cepat dan lincah adalah ciri-ciri dari jurus dalam Silat Cingkrik.

Ki Maing mempunyai tiga murid utama, yaitu Ki Saari, Ki Ajid, dan Ki Ali. Dari ketiga murid utama Ki Maing tersebutlah Silat Cingkrik kemudian menyebar dari Rawa Belong ke berbagai tempat lainnya di Jakarta melalui murid-murid selanjutnya.

Ketiga murid utama Ki Maing dalam mengembangkan Silat Cingkrik tersebut masing-masing lalu memiliki sedikit perbedaan gaya maen pukulan, dan selanjutnya terus dikembangkan oleh banyak murid mereka. Namun demikian, secara umum Silat Cingkrik memiliki 12 jurus dasar dan 3 jurus sambut; sedangkan perbedaan gaya terjadi hanya dalam langkah dan gerakan saja. Sebagai contoh, langkah dan gerakan (kuda-kuda dan gerakan tangan) dalam Cingkrik Goning lebih melebar, sedangkan dalam Cingkrik Sinan pendek-pendek dan tidak terlalu lebar.

Jurus dan sambut

Jurus
Dua belas jurus Silat Cingkrik adalah sbb.:
Keset Bacok
Keset Gedor
Cingkrik
Langkah Tiga
Langkah Empat
Buka Satu
Saup
Macan
Tiktuk
Singa
Lokbe
Longok

Gerakan gabungan keduabelas jurus tersebut dinamakan Bongbang, yang kerap dipertontonkan dalam pagelaran beladiri.

Sambut
Sambut adalah latihan perkelahian berpasangan, yaitu terdapat tiga jurus sbb.:
Sambut Tujuh Muka
Sambut Gulung
Sambut Habis, atau Sambut Detik

Sambut bertujuan melatih refleks untuk menghadapi serangan yang bertubi-tubi.

Sumber:

Teknik Beladiri Pencak Silat dengan Tas Sekolah

Ini adalah salah satu teknik beladiri jalanan dengan menggunakan tas sekolah

Adu Jaten Parebut Seeng | Wisata Bogor

Parebut Seeng sebenarnya adalah salah satu ritual dalam adat perkawinan khas Cimande. Dimana seeng, dalam bahasa sunda, adalah alat untuk menanak nasi yang dibawa oleh pendekar laki-laki dari pihak calon mempelai laki-laki untuk diserahkan kepada pihak calon mempelai wanita. Akan tetapi penyerahannya tidak semudah yang dibayangkan, melainkan harus direbut oleh pihak mempelai wanita melalui adu ketangkasan pencak silat.

Selengkapnya di:

Shares

x

Check Also

x

Menu